Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Serba serbi Euro 2020: kenapa namanya masih Euro 2020 dan siapa yang menjadi tuan rumahnya?

  Varia Olahraga -  Piala Eropa 2020 akan digelar pada Sabtu (12/06/2021) dini hari WIB, atau lebih tepatnya Jum’at waktu setempat. Meskipu...

 


Varia Olahraga - Piala Eropa 2020 akan digelar pada Sabtu (12/06/2021) dini hari WIB, atau lebih tepatnya Jum’at waktu setempat. Meskipun ajang ini akan berlangsung dalam beberapa jam kedepan setelah artikel ini tayang, namun ada pertanyaan yang cukup mendasar, mengapa nama ajangnya Euro 2020, bukan kah ajang ini digelar pada tahun 2021?

 

Piala Eropa 2020 sejatinya dihelat 12 Juni hingga 12 Juli tahun lalu. Tapi, pandemi virus corona membuat turnamen itu tertunda setahun, seperti halnya juga ajang Copa America dan Piala Afrika. UEFA memang sempat galau terkait nama turnamen tersebut, apakah akan berubah jadi Euro 2021 atau tetap Euro 2020.

 

Pasalnya Copa America saja berubah nama menjadi Copa America2021 karena dihelat tahun ini. Sementara itu, Piala Eropa 2020 seharusnya dijadikan ajang perayaan 60 tahun ajang empat tahunan ini. Menurut UEFA, nama Piala Eropa 2020 atau Euro 2020 tetap dipertahankan demi menjaga orisinalitas turnamen tersebut.

 

Keputusan ini memungkinkan UEFA untuk mempertahankan visi dari turnamen yaitu untuk merayakan peringatan 60 tahun Piala Eropa (1960 - 2020)," ujar pernyataan resmi UEFA.

 

"Lebih jauh lagi, ini akan membantu seluruh pihak di sepakbola untuk mengingat perjuangan bersama menghadapi pandemi COVID-19. Tahun 2020 adalah masa-masa sulit yang harus dilalui Eropa dan dunia."

 

"Pilihan tersebut juga sejalan dengan komitmen UEFA untuk membuat UEFA EURO 2020 berkelanjutan dan tidak menghasilkan jumlah limbah tambahan. Banyak barang bermerek yang telah diproduksi sebelum ajang ini ditunda. Pergantian nama jelas mengharuskan kami melakukan produksi kembali."

 

Untuk laga pembuka tahun ini adalah Italia menghadapi Turki di Stadion Olimpico, Roma dini hari besok.

 

Berbicara tuan rumah, terdapat 11 negara yang menjadi tuan rumah pada ajang ini, tidak seperti edisi sebelumnya yang digelar hanya di 1 ataupun 2 negara saja. Hal ini menurut UEFA menjadi penanda special peringatan Piala Eropa ke 60 dengan menyelenggarakan di lebih dari 2 negara. Hal ini juga diklaim menjadi salah satu cara untuk memecah kerumunan di satu tempat agar virus Covid-19 tidak menular dengan cepat.

 Negara-negara yang menjadi tuan rumah ialah ialah:

·         Inggris (Wembley Stadium,London)

·         Italia (Olimpico Stadio, Roma)

·         Azerbeijan (Olympic Stadium, Baku)

·         Jerman (Fussball Arena, Munchen)

·         Hungaria (Puskas Arena, Budapest)

·         Denmark (Parken Stadium, Kopenhagen)

·         Skotlandia (Hampden Park, Glasgow)

·         Belanda (Johan Cruyff Arena, Amsterdam)

·         Russia (Krestovsky Stadium, St. Petersberg)

·         Spanyol (La Cartuja, Seville)

·         Rumania (Arena Nationala, Bucharest)

 

(rifqiazis/detiksport)

Reponsive Ads